Pamela Anderson Telanjang untuk Kampanye

Posted on 18

0


JIKA menyebut nama Pamela Anderson, publik barangkali langsung mengasosiasikannya sebagai simbol seks yang kerap tampil berbalut bikini di serial ‘Baywatch.’ Padahal, di balik pose-pose vulgar yang membuatnya tenar di kalangan kaum adam, perempuan satu ini juga seorang aktivis pembela hak-hak hewan.

Sejak remaja, aktris dan model kelahiran Kanada, 1 Juli 1967 ini sudah memutuskan menjadi seorang vegetarian. Ketika itu, ia merasa trauma melihat ayahnya membersihkan binatang buruannya. Selain itu, Anderson juga menjadi anggota aktif People for Ethical Treatment of Animals (PETA), yang terlibat dalam sejumlah kampanye untuk memperjuangkan hak-hak hewan.

Antibulu binatang
Salah satu kampanyenya untuk PETA adalah perlawanan terhadap penggunaan bulu binatang. Pada 1999, perempuan berusia 43 tahun itu menerima penghargaan Linda McCartney Memorial Award pertamanya untuk perlindungan hak-hak hewan, sebagai pengakuan atas jerih payahnya dalam berkampanye.

Lalu, pada 2001 Anderson merilis sepucuk surat yang mendukung kampanye PETA melawan Kentucky Fried Chicken. ”Apa yang dilakukan KFC terhadap 750 juta ayam setiap tahun adalah tidak beradab dan tidak dapat diterima,” ia menyatakan.

Aktris berambut pirang ini, lantas membuat sebuah video yang menunjukkan bagaimana perlakuan KFC terhadap ayam-ayam.

Pada 2003, mantan model Playboy itu berpose telanjang bersama sejumlah pengunjuk rasa lain di etalase butik Stella McCartney di London, Inggris. Ketika itu, dia bertaruh jika acara penggalangan dana PETA sukses mengumpulkan cukup uang, maka ia akan melepas busananya dan berpose di butik tersebut.

Tak cukup sampai di sana, pada November 2010 Anderson berusaha merayu anggota parlemen ultra-ortodoks Yahudi di Israel, untuk menyetujui RUU antibulu di negara tersebut. RUU antibulu itu tertunda pengesahannya, karena para pemimpin ultra-ortodoks khawatir hal itu dapat memengaruhi produksi bulu khas, yang dikenakan sejumlah orang dari sekte Hassidic pada hari raya dan perayaan lainnya.

Mantan istri Tommy Lee ini bermaksud membicarakan isu bulu tersebut pada para pemimpin agama Israel dalam lawatannya ke negara itu. ”Ada begitu banyak alternatif untuk berbagai hal. Kita bisa menunjukkan belas kasih dalam pilihan kita,” ujarnya.

Selain kampanye antibulu binatang, Anderson juga memperlihat kecintaan terhadap hewan dengan berkampanye melawan perburuan anjing laut di Kanada. Perempuan yang kerap bergonta-ganti pasangan ini, juga bergabung dengan PETA dalam kampanye untuk memboikot pembuat jus buah POM. Kampanye yang mereka lancarkan membuahkan hasil berupa penghentian tes terhadap hewan oleh perusahaan tersebut.

Lantas, apa yang membuat Anderson begitu mendedikasikan diri dalam memperjuangkan hak-hak hewan? ”Aku merasa seperti sudah benar-benar melakukan sesuatu,” katanya, menyebut pekerjaannya menjamin hak-hak hewan sebagai suatu hal yang sangat menginspirasi.

Posted in: Foto Bugil